Lampung Blogging: Keluarga Besar Si Unyil Berduka, Pak Raden Meninggal Dunia

Informasi Terbaru

Saturday 31 October 2015

Keluarga Besar Si Unyil Berduka, Pak Raden Meninggal Dunia

 
Pak Raden atau Drs. Suyadi, bersama tokoh boneka karyanya
Lampung Blogging_ Kita yang mengalami masa kanak-kanak pada era 80-an, pasti mengenal Sandiwara Boneka "Si Unyil".  Sebuah sandiwara boneka yang selalu tayang setiap minggu pagi oleh TVRI sebagai satu-satunya siaran televisi pada waktu.  Bagi saya pribadi acara “Si Unyil” sangat berarti dan mewarnai masa kecil saya. Pada waktu itu televisi masih masih jarang, dan itupun masih "black and white", jadi pada waktu itu 1 televisi bisa dilihat puluhan orang lengkap dengan segala gegap gempitanya.

"Si Unyil" merupakan pertunjukan sandiwara boneka yang menggambarkan anak Indonesia dalam bentuk seorang anak sekolah dasar berusia 8 tahun. Walaupun Unyil bukanlah manusia tetapi ia menjadi bintang dalam serial televisi Indonesia yang berjudul Si Unyil yang telah menjadi salah satu program tayangan yang banyak digemari secara nasional sejak kemunculannya pada 1970. 

Tokoh Unyil diciptakan tahun 1979 oleh Kumain Suhardiman dan Suyadi. Selain anak Indonesia yang patut dicontoh dan ideal ini juga diciptakan oleh keduanya tokoh-tokoh pendukung yang membantu dalam menyampaikan pesan moral dari pertunjukan.

Dikatakan sebagai penyampai pesan moral, karena setiap episode Si Unyil menekankan adanya masalah atau isu-isu nasional dan memberikan pelajaran bermanfaat bagi anak-anak dan juga khalayak orang tua. Misalnya, satu episode yang berjudul "Tamu Dari Luar Negeri", memberikan nasihat-nasihat berguna mengenai bagaimana bersikap ramah pada para turis asing. Yang bahkan lebih nyata adalah pesan- pesan dari film tersebut,  misalnya malu karena berbohong, gemar menabung, dan bersih itu sehat.

Sebagaimana dikutip dari situs jakarta.go,id, Menteri Penerangan pada era itu, Harmoko mengkaitkan kepopuleran Si Unyil dengan adanya kenyataan bahwa perilaku Unyil "sangat dekat dengan identitas dan martabat kebangsaan kita".

Dan kini, Kabar duka datang dari dunia hiburan anak Tanah Air. Salah satu Tokoh terbaik perfilm-an anak tanah air, Suyadi atau lebih dikenal dengan Pak Raden meninggal dunia di Rumah Sakit Pelni Petamburan.

"Iya, beliau meninggal dunia pukul 22.30 WIB. Rencananya jenazah akan langsung dibawa ke rumah duka," kata salah satu petugas RS Pelni yang tidak mau disebut namanya, sebagaimana dikutip dari situs  Dream , Jumat malam, 30 Oktober 2015.

Sosok yang identik sebagai karakter antagonis dalam serial 'Si Unyil' ini meninggal di usia 83 tahun. Ia sebelumnya dibawa ke RS Pelni karena kondisi kesehatannya memburuk dan kritis.

Demikian informasi Lampung Blogging. Semoga, Suyadi, Pria yang memilih hidup membujang khusnul khotimah di sana. Amin.


No comments:

Post a Comment

Hindari Komentar yang mengandung Spam, P*rn* dan SARA.