Lampung Blogging: Agar Buah Hati Terhindar Dari Sakit Gigi

Informasi Terbaru

Wednesday 4 November 2015

Agar Buah Hati Terhindar Dari Sakit Gigi


Ilustrasi_ Agar buah hati terhindar sakit gigi
Artikel Kesehatan_  Pernah sakit gigi? Bagi yang pernah, mungkin,anda  tak bisa membayangkan bagaimana rasanya saat penyakit itu datang pada diri kita. Dan, apa anda juga bisa bayangkan, jika sakit gigi yang rasanya super-super itu, tiba-tiba menimpa buah hati kita. Wah.. pasti akan kasihan sekali si buah hati.

Gigi berlubang atau karies gigi merupakan keluhan utama yang sering terjadi pada anak-anak. Sebagaimana di lansir dari situs Katalog,ibu,com, saat ini di temukan kurang lebih 90 persen anak di dunia mengalami gigi berlubang. Keluhan yang ditimbulkan adalah nyeri pada gigi, infeksi, yang menyebabkan anak tidak nafsu makan. Hal ini akan berefek pada kesehatan tubuh bagian lain dan mengganggu aktifitas anak sehari-hari.
Sebagaimana dikutip dari laman kesehatan anak, catalog ibu,com, Berikut adalah cara mengatasi gigi berlubang pada anak yang perlu  diketahui :

Cara menghindari dan mengatasi gigi berlubang pada anak

Gigi berlubang  merupakan suatu proses yang dapat merusak susunan gigi yang disebabkan bakteri secara tidak langsung dengan cara memproses karbohidrat menjadi asam. Fermentasi sukrosa ini dilakukan oleh bakteri rongga mulut terutama bakteri streptococcus mutant. Asam itu kemudian akan mengikis struktur gigi dari lapisan terluar yang paling keras yaitu email gigi kemudian ke lapisan yang paling lunak yaitu dentin gigi. Pengikisan ini ini di tandi dengan adanyang spot putih kemudian spot kecoklatan lalu kehitam dan yang paling terakhir yaitu gigi berlubang. Pada saat proses terjadinya gigi berlubang rongga dan mulut akan terasa kering dan tingkat keasamannya akan meningkat. Hal ini bisa disebabkan karena anak - anak yang sering mengkonsumsi obat - obatan dan juga kebiasaan anak - anak yang sering bernafas melalui mulut.
Untuk menghindari gigi berlubang biasakanlah anak anak anda agar menggosok gigi sebelum tidur dan selesai makan. Dan biasakan anak - anak untuk selalu berkumur atau meminum air putih setiap selesai memakan makanan atau meminum minuman yang manis. Karena sukrosa yang terkandung dalam makanan atau minuman manis akan cepat melekat dengan plak permukaan gigi sehingga sangat mudah difermentasi oleh bakteri dalam mulut dan dapat menyebabkan gigi berlubang.
  • Cara mengatasi gigi berlubang pada anak
- Secara rutin lakukan pemeriksaan ke dokter gigi anak minimal 6 bulan sekali
- Biasakan meminum air putih setelah memakan makanan dan meminum minuman manis
- Bersihkan sisa - sisa makanan yang berada disela - sela gigi dengan menggunakan tusuk gigi yang lembut dan lakukan secara perlahan
- Perbanyak makan buah - buahan dan sayuran, karena dalam buah dan sayuran banyak mengandung serat. Hal ini dapat membantu menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi anak setelah mereka makan makanan menu utama.
Demikian info lampung blogging terkait cara cerdas mengatasi gigi berlubang pada anak.. Semoga bermanfaat. Baca Terus LAMPUNG BLOGGING



No comments:

Post a Comment

Hindari Komentar yang mengandung Spam, P*rn* dan SARA.